Senin, 07 Oktober 2024

Wujudkan Impian Ciptakan Rumah Nyaman Listrik Aman

 


Sebagai ibu rumah tangga keseharian saya di rumah tak bisa lepas dari penggunaan listrik. Dari mulai masak nasi, mencuci, menyetrika. Saya pernah mengalami saat akan menyetrika pakaian, bersamaan dengan memasak nasi, sedangkan mesin air menyala. Listrik tiba tiba mati, panik dong. Ternyata ini akibat kelebihan daya yang saya gunakan sehingga listrik otomatis mati. 



Saya juga pernah kesetrum saat menggunakan alat elektronik. Kesetrum biasanya terjadi karena adanya arus bocor, kesetrum bisa disebabkan kabel yang terkelupas atau kesalahan saat pemasangan listrik di rumah. Kesetrum adalah kontak arus listrik dengan tubuh kita saat bersamaan menyentuh tanah. 




Schneider Electric Kampanyekan Rumah Nyaman, Listrik Aman


Tanggal 2 Oktober 2024 lalu saya mendapatkan kesempatan hadir di acara Innovation Talk dengan tema “RUMAH Nyaman Listrik Aman” yang diadakan oleh Schneider. Acara dihadiri wartawan dan juga komunitas Emak-emak Blogger.


Sekilas info tentang Schneider adalah perusahaan asal Perancis yang sudah lebih dari 50 tahun berada di Indonesia. Schneider bergerak dibidang penjualan dan pelayanan jasa kelistrikan. Pengguna jasa Schneider biasanya perusahaan tapi sekarang banyak juga perorangan. 



Narasumber yang hadir 

✅. M. Farhan Lucky, Schneider Electric Indonesia Business Vice President, Home and Distributor Schneider Electric Indonesia. 

✅. Ranu Scarvia Ria Fitri, Ketua himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta 

✅. Nana Mirdad dan Andrew White sebagai home owner. 


Rumah Impian 

Pastinya kita semua punya rumah impian, dari mulai desain interior, warna dan juga aksesoris rumah. Memiliki ruang yang unik dan personal merupakan keinginan setiap orang termasuk saya. Asalkan disesuaikan dengan dana masing-masing.


Bagian penting setiap rumah adalah memastikan instalasi kelistrikan dilengkapi dengan proteksi andal guna mencegah risiko kebakaran. Karena berdasarkan data Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menunjukkan hampir 30% dari 2.286 kasus kebakaran pada 2023 terjadi di bangunan perumahan, dengan lebih dari 50% disebabkan oleh masalah kelistrikan.



Perlindungan terhadap bahaya kebakaran, kesetrum dan lonjakan arus listrik pada rumah dan bangunan membutuhkan perangkat proteksi kelistrikan yang berbeda. Jika biasanya untuk proteksi kelistrikan saya hanya tahu MCB (Miniatur Circuit Breaker).

MCB biasanya digunakan sebagai proteksi beban berlebih dan konsleting listrik namun bukan untuk proteksi kesetrum maupun proteksi terhadap induksi petir. 



M. Farhan mengingatkan “ Pentingnya untuk berkonsultasi dengan teknisi berlisensi guna memastikan rumah masing-masing apakah memiliki kedua jenis perlindungan, dan menjadwalkan pemeriksaan beban listrik secara rutin demi menjaga keamanan dirumah, terutama ditengah perkembangan teknologi yang terus meningkat”. 



Untuk melindungi dari bahaya kesetrum, ada produk proteksi kelistrikan bernama Gawai Proteksi Arus Sisa atau lebih dikenal dengan istilah ELBC/RCCB yang fungsinya: Sebagai pengaman dan risiko kebocoran arus listrik. 


Produk ini wajib digunakan di area residensial sesuai PUIL 2020 dan Pemen ESDM No. 7 tahun 2021. 


Keunggulan RCCB dari Schneider memiliki sensitivitas yang cocok untuk perumahan dan apartemen yaitu 

30 mA untuk proteksi terhadap manusia dan 300 mA untuk melindungi bahaya kebakaran akibat arus sisa. 



Sakelar Avatar On

Produk Schneider terbaru adalah sakelar AvatarOn yang dilengkapi teknologi ‘Slim Rocker, Sure Click’ yang meminimalkan risiko percikan api, serta pencahayaan LED lembut yang berfungsi sebagai locator saat gelap. Sakelar ini juga menyediakan fungsi tambahan sebagai gantungan kunci dan soket USB, menawarkan kenyamanan ekstra dalam kehidupan sehari-hari.


Menurut penjelasan M. Farhan “ Sakelar bukan hanya soal fungsi, tapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior”.


Dengan inovasi seperti AvatarOn dari Schneider Electric, sakelar dapat disesuaikan dengan warna, motif bahkan mencetak foto atau moment spesial yang memberikan sentuhan unik pada setiap ruang. 


Desain AvatarOn ramping tanpa bingkai memudahkan pemasangan dan memungkinkan personalisasi simple dan elegan. Iya sih biasanya saklar gitu gitu aja ya putih polos dan dianggap gak penting. Sekarang menjadi bagian integral dan keseluruhan estetika ruangan. Menyatukan fungsi dengan desain yang stylish dan modern tanpa mengesampingkan keamanan dan kenyamanan. 



Andrew White Tips Keamanan Menjaga Keluarga dari Bahaya Kelistrikan 


Pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI.

Pilih material yang berkualitas dan sudah melalui proses pengendalian mutu. 

Pastikan keaslian produk dengan membelinya di toko resmi. 


Karena produk kelistrikan berkaitan langsung dengan keselamatan kita, orang-orang di sekitar kita, dan orang-orang yang kita sayangi.”


“Saat membangun rumah impian, kami ingin setiap anggota keluarga, termasuk anak-anak, bisa mengekspresikan ide dan keinginan mereka. Kami sangat memperhatikan setiap detail interior, hingga penempatan saklar sekalipun, karena kami ingin semuanya selaras dengan konsep desain kami,” cerita Nana Mirdad. 


“Beruntung ada inovasi saklar AvatarOn dari Schneider Electric yang frameless dan timeless banget. Jadi lebih estetik. Cover sakelarnya bisa diganti dan dicetak dengan gambar apapun yang kita memungkinkan kami berkreasi tanpa batas. 



Solusi Pengisian Daya Kendaraan Listrik dengan Schneider Charge



Awal tahun lalu saya hampir membeli kendaraan listrik roda dua. Tapi karena pengecasan tidak bisa dilakukan di rumah, saya memutuskan tidak jadi membeli kendaraan listrik tersebut. Saat mengikuti Innovation Talk, saya baru tahu jika ada Schneider Charge untuk Kemudahan Pengisian Kendaraan Listrik di Rumah. 


Schneider Charge ini solusi dirancang untuk memberikan kemudahan pengisian daya di rumah yang efisien, praktis dan cepat. Schneider Charge menjadi solusi ideal bagi pemilik kendaraan listrik di Indonesia yang ingin mengintegrasikan gaya hidup serba listrik ke dalam keseharian mereka, seiring dengan berkembangnya ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Dalam mendukung hunian modern yang smart dan berkelanjutan. 



Pengisian daya kendaraan listrik dengan kemudahan instalasi dan visibilitas penggunaan listrik yang dapat diakses secara real time melalui aplikasi smart control – Monta App, pengguna dapat merencanakan pengisian daya kendaraan dengan lebih efektif.

Tidak hanya mengutamakan efisiensi, Schneider Charge juga memastikan proteksi kelistrikan terbaik untuk 

hunian. 


Schneider Electric memastikan bahwa solusi ini aman dan sesuai dengan standar kelistrikan, sehingga penghuni dapat menikmati pengalaman pengisian daya yang andal tanpa mengorbankan aspek keamanan. Jadi bagi yang ingin punya kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat, gak perlu khawatir lagi ya. 


Kesimpulan 

✅ Pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan agar tidak hanya indah namun juga aman. 

✅ Pilihlah produk kelistrikan dari brand terpercaya dan bersertifikasi IEC serta SNI.

✅Periksa keamanan kelistrikan secara rutin. 

MCB (Miniature Circuit Breaker) – MCB ini tidak mendeteksi korslet jadi ketika ada korslet listrik bisa saja tetap menyala. MCB berfungsi untuk melindungi rumah dari arus pendek dan kelebihan beban listrik tidak dengan kondisi lain seperti ada genangan air.

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) – berfungsi untuk melindungi penghuni rumah dari kebocoran arus listrik yang dapat menyebabkan sengatan listrik.

RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overcurrent Protection) – Produk canggih yang menggabungkan fitur perlindungan MCB dan ELCB, memberikan perlindungan maksimal


20 komentar:

  1. Alhamdulillah ternyata di rumah saya ternyata sudah pakai MCB dari Schneider ... jadi tenang karena instalasi listrik sudah aman

    BalasHapus
  2. jujur aku awam banget mba tentang listrik ini dan ternyata memang sepenting itu listrik aman dalam sebuah hunian. Penting untuk tau instalasi yang aman dan pemilihan produknya juga. tq for sharing mba.. btw eventnya seruu yaa

    BalasHapus
  3. Jadi punya banyak banget insight soal perangkat listrik stelah ikutan talkshow ini ya. Yang tadinya ngga aware sama listrik, jadi berusaha untuk paham. Ya walaupun cuma sedikit aja pahamnya. Setidaknya jadi paham gimana mencegah bahaya kelistrikan ya

    BalasHapus
  4. Kita pastinya punya ide untuk rumah impian masing-masing. Tatanannya yang seperti apa, maupun estetiknya yang seperti apa. Namun untuk urusan kelistrikan kudu sama yaitu perhatikan keamanannya ya

    BalasHapus
  5. Setuju dong kita semua pengennya rumah aman ya nyaman ya, Mak Ria. Meski banyak yang abai dalam hal instalasi pelistrikan ini. Semoga dengan tulisan ini banyak yang makin aware

    BalasHapus
  6. Emang estetik aja ga cukup ya, Mba untuk buat rumah nyaman. Kudu perhatikan kelistrikannya. Kalau listrik dah aman, tenang deh buat menempati rumah ya.

    BalasHapus
  7. Serem itu kalau kesetrum. Saya juga pernah mengalami. Makanya jadi semakin berhati-hati deh ma listrik. Jangan sampai mengalami kejadian berulang. Harus dipastikan keamanannya

    BalasHapus
  8. Tos mbak, saya pun pernah mengalami, masak nasi, setrika dan mesin cuci nyala bersamaan, jdinya njeglek deh.

    Kalau kesetrum, paling tersengat sebentar saja karena tegangan rendah. Tapi kalau di rumah pernah kesetrum itu juga udah jadi peringatan buat ngecek instalasi listrik di rumah

    BalasHapus
  9. Inovation talks yang sangat bermanfaat banget. Membuka paradigma betapa pentingnya memperhatikan kelistrikan di rumah. Listrik aman, keluarga tenang dan nyaman tinggal di rumah.

    BalasHapus
  10. Rumah dan listrik saya ini sudah jadi kebutuhan utama dalam kehidupan. Masyarakat banyak mengeluarkan segala usaha demi bisa memiliki rumah impian, termasuk fasilitas penunjang seperti kendaraan dan kelistrikan. Semua harus stabil ya...

    BalasHapus
  11. selama instalasi listrik di rumah aman tentu bikin rumah jadi nyaman apalagi kalo pakai produk listrik yang top banget kualitasnya

    BalasHapus
  12. Memang mesti lebih waspada dan hati-hati dan pastikan instalasi kelistrikan rumah kita dilengkapi dengan proteksi andal guna mencegah risiko kebakaran

    BalasHapus
  13. IRT sering pakai alat elektronik tapi begitu jeglek, bingung harus ngapain. Huhu... Itu aku!
    Lewat Innovation Talk kita jadi lebih paham yaa kelistrikan di rumah dan cara proteksi supaya aman dari kesetrum, petir, atau korsleting.

    BalasHapus
  14. kita memang harus sangat memperhatikan ya mbak terkait kelistrikan di rumah agar terhindar dari bahaya. alhamdulillah nih di rumahku juga sudah pakai MCB untuk mengatasi kelebihan arus yang terjadi

    BalasHapus
  15. Iya, ternyata kasus kecelakaan di rumah tuh kebanyakan karena masalah listrik ya kayak korslet dan kesetrum, bahaya banget kalau pakai alat listrik yang asal murah saja..

    BalasHapus
  16. Setuju sama Pak Farhan sebaiknya lakukan pengecekan listrik secara berkala ya. Tentu saja pilih jasa profesional di bidang kelistrikan biar makin bener instalasi listriknya ya.
    Suka juga nih sama desain AvatarOn karena frameless, tipis, dan bisa dikustom sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  17. Tertanyata rumah tangga yang harusnya aman bisa jadi gak aman kalau kelistrikkannya semrawut. Padahal kita sehari-hari menggunakan listrik ya. Mesti makin peduli nih, bahkan kalau perlu makai Sakelernya yang AvayorOn, biar aman dan estetik pula.

    BalasHapus
  18. Aku tu termasuk yang sering kesetrum klo di rumah, mbak. Udahlah perih yaa rasanya, plus jengkel, kenapa kok kesetruuum melulu. Ternyata itu tanda2 penanganan kelistrikan di rumah kurang bagus. Coba klo ada RCBBnya di rumah, lebih aman terkendali kan.

    BalasHapus
  19. Gak hanya estetik, tapi Produk Schneider terbaru dengan sakelar AvatarOn juga bikin rumah aman. Produk elektronik lainnya pun jadi lebih awet kalau listrik aman yaa...

    BalasHapus
  20. Penting bangeett pokoknya ya memikirkan instalasi kelistrikan ini sebelum membangun atau membeli rumah. Supaya menjamin keamanan rumah dan seisi rumah dari bahaya kebakaran yang gak diinginkan

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan berkomentar. Komentar spam akan saya hapus.

Wujudkan Impian Ciptakan Rumah Nyaman Listrik Aman

  Sebagai ibu rumah tangga keseharian saya di rumah tak bisa lepas dari penggunaan listrik. Dari mulai masak nasi, mencuci, menyetrika. Saya...